Cara Alami Memperbanyak Air ASI Pada Ibu

Cara alami memperbanyak air asi dapat anda lakukan sendiri di rumah. Dengan melakukan segala upaya untuk menyusui bayi sangatlah bermanfaat, karena ASI adalah makanan terbaik yang bisa Anda berikan setidaknya selama tahun pertama kehidupan sang bayi. ASI dinilai mampu memenuhi semua kebutuhan nutrisinya, termasuk memberikan antibodi yang membantu mempertahankan diri dari infeksi dan melindungi terhadap alergi, asma, dan obesitas saat bayi bertambah dewasa. Menyusui juga dapat membantu ibu menurunkan berat badan kehamilan lebih cepat dan melindungi terhadap kanker payudara atau ovarium di kemudian hari. Tapi seperti Anda, beberapa wanita memiliki masalah dengan persediaan susu mereka. Penyebab paling umum adalah makanan dan asupan cairan yang tidak memadai, kelelahan, tingkat stres tinggi dan memberi makan bayi terlalu jarang atau hanya dalam jangka waktu yang singkat. Oleh karena itu, berikut beberapa cara alami memperbanyak air asi yang dapat anda praktikkan.

cara memperbanyak asi pertama adalah dengan mengkonsumsi makanan anti inflamasi dan makanan sehat lainnya. Makanan tersebut banyak terkandung pada sayuran hijau dan juga buah-buahan. Disarankan bagi anda untuk dapat mengkonsumsi minimal 2.500 kalori perhari. Cara alami memperbanyak air asi selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi air putih. Kekurangan cairan pada tubuh atau dehidrasi sangat rentan memicu kurangnya produksi ASI dalam tubuh ibu. Sehingga ibu sebaiknya banyak minum air putih, dan juga disarankan untuk minum susu. Dalam fase ini, ibu sebaiknya menghindari minuman berpengawet, berperasa, berpemanis, bersoda, dan bahkan beralkohol, untuk menjaga kualitas ASI yang akan diminum bayi.

Memijat payudara juga merupaka cara alami memperbanyak air asi yang ampuh dipraktekkan oleh para ibu. Saat anda sedang tidak menyusui bayi, pijat payudara secara memutar dan memencet puting untuk mensirkulasi peredara darah di sekitar payudara secara lancar. Sebelum memijat, gosokkan kedua telapak tangan anda untuk membuatnya hangat sehingga pijatan akan semakin nyaman dan dapat menstimulasi produksi air susu yang melimpah. Selain itu, hindari stress dan kelelahan selama menyusui. Mintalah bantuan pada pihak keluarga dan suami untuk menyelesaikan tugas rumah anda sehingga anda tidak perlu cemas dan fokus dalam memberikan nutrisi yang baik bagi si kecil.