Cara Bermain Pianika untuk Anak-Anak

Cara bermain pianika menjadi salah satu topik penting yang banyak ditanyakan oleh para orang tua. Orang tua yang ingin anak-anak mereka mencintai musik memulai pengenalannya dengan menggunakan pianika. Pianika sendiri adalah sebuah alat musik mirip piano, tetapi dalam bentuk yang sangat kecil. Alat musik ini dimainkan dengan ditiup melalui pipa lentur yang terhubung dengan pianika. Lalu, anak-anak juga diharuskan untuk memencet pianika untuk menghasilkan melodinya. Permainan ini memang terlihat gampang bagi orang tua. Akan tetapi, akan terlihat sangat rumit bagi anak-anak. Terlebih lagi mereka harus menghapalkan not untuk bisa memainkan sebuah lagu. Lalu, bagaimana cara mengenalkan permainan ini kepada anak-anak? Simak informasi lengkapnya berikut ini.


 

Pertama-tama, silahkan Anda mengenalkan bagaimana cara memainkan alat musik ini. Jelaskan bagaimana alat musik ini bekerja. Misalnya, alat musik ini bisa menghasilkan suara dengan cara ditiup. Lalu, tuts yang putih digunakan untuk memainkan nada-nada pokok, sedangkan tuts yang hitam berfungsi untuk memainkan nada-nada yang kronis. Setelah itu, jelaskan langkah-langkah memainkan alat musik ini. Misalnya, gunakan tangan kiri untuk memegang pianika, tangan kanan untuk menekan tuts pianika, dan mulut untuk meniup. Lemaskan jari-jari agar bisa memainkan alat musik ini dengan mudah. Jangan lupa untuk menghapal beberapa melodi lagu untuk bisa memainkan permainan ini.

 

Salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan ketika mengajari anak bermain piano adalah jangan lupa untuk melakukan pemanasan. Seperti yang kita tahu bersama, alat musik ini menggunakan pernafasan untuk bisa menghasilkan musik. Oleh karena itu, anak-anak membutuhkan teknik pernafasan tertentu. Untuk mendukung pernafasan, Anda harus mengajak anak-anak untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum bermain. Dengan begitu, si kecil bisa bermain pianika dengan tepat dan benar. Permainan ini memang lebih disarankan daripada permainan berbau online. Untuk anak-anak, sebaiknya jangan terlalu diberi kebebasan untuk bermain game online, apalagi yang ada di situs situs poker online terpercaya. Situs tersebut menyediakan berbagai permainan seru yang mungkin membuat anak ketagihan.