Hukum Pendirian Pt Berdasarkan Uupt

Pendiran pt berdasarkan uupt memang telah memiliki peraturan tersendiri. Karena secara khusus badan usaha perseroan terbatas memang telah diatur di dalam undang-undang yang telah dibuat. Tidak mungkin berdirinya sebuah PT tidak memiliki aturan. Menurut UUPT no 40 tahun 2007 menyebutkan bahwa perseroan terbatas yakni boleh didirikan asalkan telah di dasarkan pada sebuah perjanjian. Perjanjian ini dibuat karena modal dasar dari kegiatan usaha tersebut yang secara keseluruhan terbagi di dalam sebuah saham perusahaan, maka masalah yang harus di selesaikan yakni bagaimana permainan dalam pembagian saham tersebut. PT juga merupakan sebuah usaha yang oleh undang-undang akan dinyatakan sebagai perusahaan yang memiliki badan hukum, maka jelas saja sebuah PT pasti akan memiliki akta pendirian PT tersendiri. Karena itu juga merupakan bagian dari bisanya sebuah PT tersebut berdiri.

PT merupakan singkatan dari perseroan terbatas, yang memiliki beberapa unsur yang harus dilengkapi agar PT tersebut bisa berdiri secara legal dimata hukum, maka unsur-unsur yang harus dipenuhi yakni yang pertama jelas akan berbentuk badan huku, kemudian yang kedua yakni didirikan atas sebuah perjanjian, kemudian yang ketiga yakni melakukan kegiatan usaha yang pastinya aktif dan juga jelas. Dan yang terakhit yakni memang harus memenuhi persyaratan yang tertanda tangan di atas materai yang kemudian akan di sah kan.


Maka dari itu untuk bisa mendirikan sebuah PT jelas bukan merupakan suatu perkara yang mudah. Karena didalamnya ada sebuah pejanjian yang telah di tanda tangani oleh materai, maka dari itu wajar apabila PT akan masuk kedalam badan hukum. Dan akta yang dimiliki oelh PT manapun jelas saja akan dan harus di sah kan oleh menteri hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) untuk bisa mendapatkan sebuah izin dari menteri kehakiman agar PT anda berdiri secara legal. Dan untuk urusan yang seperti ini biasanya akan sangat dan sudah pasti akan membutuhkan jasa notaris, karena memang tugasnya demikian sehingga juga akan memudahkan kita jika kita memang tidak mengetahui apa saja syaratnya.